Nothing is Impossible

I can do all things through Christ, who strengthens me. (Philippians 4:13)

Sabtu, 29 Desember 2012

Terpikat


Sabtu, 29 Desember 2012
Hengky Kusworo - Terpikat

Ulangan 7
6 Sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu; engkaulah yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, dari segala bangsa di atas muka bumi untuk menjadi umat kesayangan-Nya.
7 Bukan karena lebih banyak jumlahmu dari bangsa manapun juga, maka hati TUHAN terpikat olehmu dan memilih kamu--bukankah kamu ini yang paling kecil dari segala bangsa? --
8 tetapi karena TUHAN mengasihi kamu dan memegang sumpah-Nya yang telah diikrarkan-Nya kepada nenek moyangmu, maka TUHAN telah membawa kamu keluar dengan tangan yang kuat dan menebus engkau dari rumah perbudakan, dari tangan Firaun, raja Mesir.

Tuhan memilih Israel bukan karena jumlah yang besar justru Israel adalah bangsa yang paling kecil

Ulangan 10
15 tetapi hanya oleh nenek moyangmulah hati TUHAN terpikat sehingga Ia mengasihi mereka, dan keturunan merekalah, yakni kamu, yang dipilih-Nya dari segala bangsa, seperti sekarang ini.

Tuhan jatuh cinta dengan Israel karena nenek moyangnya yaitu Abraham, Ishak, dan Yakub.

Abraham

Apa yang membuat Tuhan terpikat dengan Abraham 7

Kejadian 22
12 Lalu Ia berfirman: "Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku."
16 kata-Nya: "Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri--demikianlah firman TUHAN--:Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku,
17 maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya.

Satu yang membuat Tuhan terpikat adalah rela menyerahkan yang paling dicintainya / berharga dalam hidupnya yaitu Ishak
Orang yang 'pecundang' untuk mengakui istrinya di depan Firaun dan Abimelekh tetap memikat hatiNya

Walaupun tidak ada dasar berharap, Abraham tetap percaya

Ishak

Kejadian 22
7 Lalu berkatalah Ishak kepada Abraham, ayahnya: "Bapa." Sahut Abraham: "Ya, anakku." Bertanyalah ia: "Di sini sudah ada api dan kayu, tetapi di manakah anak domba untuk korban bakaran itu?"
8 Sahut Abraham: "Allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku." Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.
9 Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, disusunnyalah kayu, diikatnya Ishak, anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, di atas kayu api.

Abraham berumur 100 tahun, sedangkan Ishak berumur 13 tahun

Pada waktu diikat, sebenarnya Ishak memiliki kemauan untuk memberontak dan lari tetapi ia tidak melakukannya. Hal ini yang membuat hati Tuhan terpikat. Ishak adalah gambaran Yesus

Yakub

Kejadian 25
28 Ishak sayang kepada Esau, sebab ia suka makan daging buruan, tetapi Ribka kasih kepada Yakub.
30 Kata Esau kepada Yakub: "Berikanlah kiranya aku menghirup sedikit dari yang merah-merah itu, karena aku lelah." Itulah sebabnya namanya disebutkan Edom.
31 Tetapi kata Yakub: "Juallah dahulu kepadaku hak kesulunganmu."
32 Sahut Esau: "Sebentar lagi aku akan mati; apakah gunanya bagiku hak kesulungan itu?"
33 Kata Yakub: "Bersumpahlah dahulu kepadaku." Maka bersumpahlah ia kepada Yakub dan dijualnyalah hak kesulungannya kepadanya.

Detik Esau berkata 'tidak butuh' hak kesulungan, keluar firman "Allah mengasihi Yakub dan membenci Esau"

Jangan sampai meremehkan apalagi menghina perkara-perkara rohani yang Tuhan berikan

Kejadian 27
28 Allah akan memberikan kepadamu embun yang dari langit dan tanah-tanah gemuk di bumi dan gandum serta anggur berlimpah-limpah.
29 Bangsa-bangsa akan takluk kepadamu, dan suku-suku bangsa akan sujud kepadamu; jadilah tuan atas saudara-saudaramu, dan anak-anak ibumu akan sujud kepadamu. Siapa yang mengutuk engkau, terkutuklah ia, dan siapa yang memberkati engkau, diberkatilah ia."

Kalau kita punya sikap hati yang 'menginginkan perkara rohani', Tuhan akan terpikat dengan kita.

Yusuf

1 Tawarikh 5
1 Anak-anak Ruben, anak sulung Israel. Dialah anak sulung, tetapi karena ia telah melanggar kesucian petiduran ayahnya, maka hak kesulungannya diberikan kepada keturunan dari Yusuf, anak Israel juga, sekalipun tidak tercatat dalam silsilah sebagai anak sulung.
2 Memang Yehudalah yang melebihi saudara-saudaranya, bahkan salah seorang dari antaranya menjadi raja, tetapi hak sulung itu ada pada Yusuf.

Yusuf punya akhlak dan moral yang sangat bagus. Bahkan, dia masuk penjara karena kejujuran dan integritasnya.

Mengapa Yesus lahir di suku Yehuda ?

Kejadian 49
10 Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.

Hal ini yang menyebabkan Yesus lahir di suku Yehuda

Yehuda ini orang yang brengsek.

Mengapa Tuhan terpikat ?
Pada saat pergi ke Mesir, Yusuf menahan Benyamin. Tetapi Yehuda tidak rela dan mau menggantikan adiknya. Rela berkorban demi saudaranya itu yang dicintai Tuhan

Matius 1
5 Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai,

Rahab adalah seoarng pelacur

Mengapa Tuhan pilih Rahab ?
Karena ia pernah menyembunyikan dua pengintai Yosua

Mengapa Tuhan pilih Rut ?
Karena ia tidak mau meninggalkan mertuanya. Hati Rut berpaut kepada Naomi

Rut 2
16 Tetapi kata Rut: "Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku;
17 di mana engkau mati, akupun mati di sana, dan di sanalah aku dikuburkan. Beginilah kiranya TUHAN menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jikalau sesuatu apapun memisahkan aku dari engkau, selain dari pada maut!"

Apa yang membuat hati Tuhan terpikat olehmu ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Efek Blog